Senin, 07 Maret 2016

Sambut Gerhana Matahari Total dengan Salat Sunah

Salat gerhana merupakan ibadah yang dihukumi sunah muakkadah, artinya amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan dan kedudukannya mendekati wajib.
Sambut Gerhana Matahari Total dengan Salat Sunah
lintangbrother.blogspot.com - Beberapa hari lagi, sejumlah wilayah Indonesia akan menyambut fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT). Banyak orang tengah menunggu terjadinya fenomena alam langka ini.
Banyak pihak telah membuat persiapan khusus untuk menyambut datangnya momen langka ini. Bahkan, ada sebagian dari pemerintah daerah sampai menggelar pertunjukan kebudayaan untuk memeriahkan penyaksian fenomena langka ini.
Umat Islam sendiri telah mengenal gerhana sejak dulu. Bahkan, terdapat ajaran sendiri ketika menjumpai fenomena gerhana, yaitu sunnah untuk mengerjakan salat gerhana.
Salat gerhana merupakan ibadah yang dihukumi sunah muakkadah, artinya amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan dan kedudukannya mendekati wajib. Salat ini dikerjakan secara berjamaah.
Salat ini dikerjakan sebanyak dua rakaat. Terdapat ketentuan berkhutbah dalam pelaksanaan salat ini, yang dijalankan setelah salat didirikan.
Meski begitu, salat ini dikerjakan tanpa didahului azan dan iqamah. Hanya lafal 'As Sholaatu Jaami'ah' yang digunakan sebagai panggilan salat.
Rukun salat sunah gerhana terdiri dari dua rakaat, memperpanjang bacaan Alquran, serta memperlama ruku' dan sujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar