Selasa, 15 Maret 2016

Menanam Pohon di Surga, Begini Caranya

lintangbrother.blogspot.com - Tujuan utama orang hidup di dunia ini adalah untuk mempersiapkan bekal di akhirat nanti. Agar hidupnya diisi oleh hal-hal yang bermanfaat, tak hanya bagi diri sendiri, melainkan bagi orang lain juga.
Oleh karena itu, Allah Ta'ala menjanjikan surga bagi siapa saja yang melakukan amalan-amalan baik. Orang yang melakukan amalan yang baik dan selalu menjauhi larangan-Nya, selain dipermudah dalam urusan dunia oleh Allah Ta'ala, ia juga akan mendapatkan kebaikan di akhirat.

Para ulama mengatakan bahwa surga merupakan suatu dataran luas yang awalnya kosong. Dataran itu akan diberikan kepada orang-orang sholeh. Kemudian, dataran itu akan ditumbuhi oleh pohon dan tanaman sesuai dengan amal yang dikerjakan orang tersebut. Luas surga yang dianugerahkan pada orang itu adalah lebih besar dari langit dan bumi.

Banyak sekali amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh orang muslim. Tapi, amalan seperti apa yang akan membuat orang muslim diberi pohon di surga oleh Allah Ta'ala?

Ada kalimat yang bisa dikatakan agar Allah Ta'ala memberi anugerah pohon di surga. Dari Abdullah bin Mas'ud Radhiallahu 'Anhu berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Aku berjumpa dengan Ibrahim 'Alaihi Salam di malam Isra. Beliau berkata padaku: "Wahai Muhammad sampaikanlah salamku pada umatmu dan kabarkanlah pada mereka bahwa surga itu subur tanahnya, sedap airnya dan surga itu adalah dataran. Tanamannya adalah 'Subhaanallaahi wal hamdulillaahi walaa ilaaha illallaah wallaahu Akbar'." (HR. Tirmidzi)

Kalimat ini adalah kalimat yang sangat disukai oleh Allah Ta'ala. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barang siapa yang tidak berdaya menanggung penderitaan di malam hari (tidak sanggup beribadah di malam hari misalnya tidak sanggup bertahajud), tidak sanggup membelanjakan hartanya karena bakhil, atau tidak sanggup berjihad karena ia penakut, maka hendaklah ia membaca 'Subhaanallaah wabihamdihi' sebanyak-banyaknya karena kalimat ini dicintai oleh Allah Ta'ala lebih dari membelanjakan emas sebanyak gunung di jalan-Nya." (HR. Thabrani)

Oleh karena itu, banyak-banyaklah membaca kalimat tersebut. Dengan begitu, kita bisa memiliki tabungan berupa pohon yang indah di surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar