Minggu, 06 Maret 2016

Catat! 9 Maret 2016 Fenomena Gerhana Matahari Total

Hasil gambar untuk foto gerhana matahari total
lintangbrother.blogspot.com - Kejadian langka gerhana matahari total (GMT) bakal terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016. Gerhana diprediksi akan terjadi di 10 provinsi dan sejumlah lokasi wisata andalan di Indonesia.
Jalur GMT tersebut bermula dari Palembang (Sumsel), Bangka Belitung (Babel), Sampit (Kalimantan Tengah), Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate hingga Halmahera (Maluku Utara).
Peristiwa gerhana matahari total bukan kali pertamanya terjadi di Indonesia. Fenomena itu pernah ada pada tahun 1983, 1988, dan 1995. Namun, Thomas Djamaluddin Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), seperti dikutip dari Liputan6. mengatakan, gerhana matahari total 2016 adalah yang pertama terjadi pada Abad ke-21 di Indonesia.
Gerhana matahari berikutnya akan terjadi di Indonesia pada 2019 yakni gerhana matahari cincin. Sementara, gerhana matahari total berikutnya baru melintas di wilayah Nusantara pada 20 April 2023.
Gerhana matahari total adalah peristiwa langka. Tak diketahui periode pasti fenomena tersebut akan terjadi dan berulang di satu daerah. Hanya ada hitungan pola 18-19 tahun, sesuai dengan periode Saros atau siklus gerhana. Namun, jalurnya berbeda.
"Berdasarkan perhitungan kasar, gerhana matahari total hanya akan terjadi sekitar 300 tahun sekali di satu daerah," kata Thomas Djamaluddin. Wilayah Sumatera Selatan dan Bangka termasuk yang sungguh beruntung. "Kejadian terakhir pada 1988 dan berulang pada 2016, jadi hanya 28 tahun. Masih beruntung. Di daerah lain 300 tahun." Imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar